Silabus Geografi SMA Kelas XI

SILABUS

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : XI / IPS

Semester : 1 (satu)

Alokasi Waktu : 76 x 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antrofosfer

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa

1.1.Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
  • Pengertian fenomena biosfer
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keberadaan flora
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keberadaan fauna
    • Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian biosfer dari bahan referensi secara individu
    • Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender Melalui strategi pembelajaran true or false (benar apa salah)tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
 
  • Mendiskripsikan pengertian fenomena biosfer
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran flora
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran fauna
Jenis tagihan :TT:

Kuis

Bentuk tagihan :

Uraian lisan

6 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

  1. Buku penilaian
  2. LKS geografi kelas X
  3. Geografi SMA Kelas X, Yusman hestiyanto, yudhistira
  4. Geografi SMA Kelas X, Eni Anjani,PT.Macanan Jaya Cemerlang
  5. LKS simpati

Gambar peta persebaran flora dan fauna

Kliping tentang biosfer

Kartu pernyataan-pernyataan mengenai faktor yg berpengaruh terhadap flora dan fauna.

  • (diskusi menanamkan karakter disiplin,demokratis, komunikatif)
  • (menanamkan karakter jujur, disiplin dan semangat kebangsaan)
1.2.Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
  • Sebaran hewan dan tumbuhan dunia
  • Hewan dan tumbuhan di indonesia
  • Dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan
  • · Siswa laki-laki dan perempuan mengamati peta sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
  • · Secara individu laki-laki perempuan mendiskripsikan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya
  • · Secara individu laki-laki dan perempuan mengamati sebaran hewan dan tumbuhan di indonesia dan dunia
  • · Siswa laki-laki dan perempuan mengkaji dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan
  • · Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
    • Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan dipermukaan bumi
    • Menganalisa sebaran hewan dan tumbuhan di indonesia
    • Menjelaskan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik
    • Membuat laporan tentang dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan dimuka bumi
    Jenis tagihan :TMTT:

Menggambar peta sebaran flora fauna Indonesia

Ulangan

Bentuk tagihan :

Peta sebaran flora fauna dunia dan Indonesia

Ulangan harian 1

6 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

  1. Buku penilaian
  2. LKS geografi kelas X
  3. Geografi SMA Kelas X, Yusman hestiyanto, yudhistira
  4. Geografi SMA Kelas X, Eni Anjani,PT.Macanan Jaya Cemerlang
  5. LKS simpati

Gambar peta persebaran flora dan fauna dunia dan Indonesia

  • Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin, mandiri)
  • (menanamkan karakter jujur, disiplin)
1.3.Menjelaskan fenomena antroposfer
  • Antroposfer

-Kuantitas  penduduk

*sensus penduduk

*jenis-jenis sensus

*komposisi penduduk menurut  umur   

*komposisi penduduk menurut jenis kelamin

*sex ratio

*dependency ratio    

-Kualitas penduduk

*tingkat pendidikan

*tingkat kesehatan

  • · Secara individu ,siswa laki-laki dan perempuan mendiskripsikan pengertian antroposfer dari berbagai referensi
  • · Siswa laki-laki maupun perempuanmengidentifiikasi perbedaan sensus penduduk, survei penduduk dan registrasi penduduk dengan metode make and mach
  • · Tanya jawabseimbang laki-laki dan perempuan, tentang antroposfer( kualitas dan Kuantitas,dan dapat menghitung sex ratio dan dependency ratio )
  • · Tanyajawab memperhatikan perbedaan individu dan gender
    • Mendiskripsikan pengertian antroposfer
    • Menjelaskan perbedaan sensus penduduk, survei penduduk dan registrasi penduduk
    • Mengidentifikasi jenis – jenis sensus
    • Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
    • Menghitung sex ratio dan dependency ratio
    • Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
  Jenis tagihan :TMTT:

Mengamati fenomena antroposfer di sekitar sekolah.

Bentuk tagihan :

Laporan pengamatan

6 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevanGambar / foto manusia beserta aktifitasnya

Kumpulan lembar soal dan jawaban untuk metode Make and Match

  • Penanaman karakter kreatif,religius,disiplinPeduli lingkungan
1.4.Menganalisa aspek kependudukan
  • · Natalitas
  • · Mortalitas
  • · pertumbuhan penduduk
  • · Proyeksi penduduk
  • · Komposisi penduduk
  • · Persebaran dan kepadatan penduduk
  • · Kualitas penduduk indonesia
  • · Kuantitas penduduk indonesia
    • Menghitung natalitas
    • Menghitung mortalitas
    • Menghitung pertumbuhan penduduk
    • Menghitung proyeksi penduduk
    • Menghitung komposisi penduduk menurut kreteria tertentu
    • Diskusi kelompok tentang persebaran dan kepadatan penduduk di Indonesia
    • Menjelaskan kualitas penduduk indonesia
    • Menjelaskan kuantitas penduduk Indonesia
    • melibatkan seluruh siswa laki-laki maupun perempuan
    • Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
    • Menghitung natalitas
    • Menghitung mortalitas
    • Menghitung pertumbuhan penduduk
    • Menghitung proyeksi penduduk
    • Menghitung komposisi penduduk menurut kreteria tertentu
    • Menganalisis persebaran dan kepadatan penduduk
    • Menjelaskan kualitas penduduk indonesia
    • Menjelaskan kuantitas penduduk indonesia
    Jenis tagihan :TT:

Tugas LKS

Bentuk tagihan:

Uraian terstruktur

6 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan
  • (diskusi menanam kan karakter disiplin,demokratis, komunikatif)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
 
 
 
 
 

 

 
Guru Mata Pelajaran
 
 
 
 
 

 

 
   

SILABUS

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : XI / IPS

Semester : 2 (dua )

Alokasi Waktu : 96 x 45 menit

Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa

2.1 Menjelaskan pengertian sumber daya alam  Sumber daya alam Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali pengertian sumber daya alam dari beberapareferensiTanyajawab memperhatikan

perbedaan individi dan

gender

 Merumuskan pengertian sumber daya alam Jenis tagihan :Pertanyaan

Bentuk tagihan :

Jawaban dan keaktifan siswa

12 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan
  • Penanaman peduli lingkungan dan social
  • Penanaman rasacinta lingkungan (adiwyata)
2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam  Jenis sumber daya alam Pengelolaan sumber daya alam Seluruh siswa melakukan pengamatan diluar kelas untuk mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam. Diskusikelompok seimbang laki-laki perempuan tentang potensi sumberdaya alam

Seluruh siswa mengamati peta persebaran sumber daya alam pada peta.

 Men gidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam Menganalisis potensi sumber daya alam Jenis tagihan :TTT:

Mencari contoh SDA di sekitar sekolah

Bentuk tagihan :

Laporan pengamatan SDA di sekitar sekolah

12 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevanGambar peta persebaran tambang indonesia
  • Penanaman peduli lingkungan dan social
  • Penanaman rasacinta lingkungan (adiwyata)
2.3 Menjelaskan pemanfatan sumber daya alam secara aktif  Pemanfatan sumber daya alam Prinsip ekoifisiensi  Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuanmembuat kliping tentang pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi   Menguraikan manfaat sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi Memahami contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi Jenis tagihan :TT/TM:

Membuat kliping tentang pemanfaatan sumber daya alamdengan konsep ekoefisiensi

Ulangan

Bentuk tagihan :

Uraian berstruktur tentang hasil diskusi

9 x 45 menit

Buku – buku geografi yang relevan 
  • o (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
  • o (menanamkan karakter jujur, disiplin)

Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa

3.1.Mendiskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
  • o Pemanfaatan lingkunagan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
  • o Pengertian lingkungan
  • o Komponen ekosistem
  • o Lingkunganhidup sebagai sumber daya
  • o Pembangunan berkelanjutan
  • o Manfaat dan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan
    • o Siswa laki-laki maupun perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu
    • o Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
    • o Siswa laki-laki dan perempuan mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
    • o Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
    • o Secara individu merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan
    • o Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan mengidentifikasi tindakan pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
      • o Merumuskan pengertian lingkungan hidup
      • o Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
      • o Menjelaskan pengertian pembangunan
      • o Mendiskripsikan pembangunan berkelanjutan
      • o Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
      • o Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkunagan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.
    Jenis tagihan :Diskusi

Tanyajawab

Ulangan

Bentuk tagihan :

Keaktifan siswa

Uraian terstruktur mengenai tindakan yang mencerminkan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan

15 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan
  • o (menanamkan karakter disiplin, gemar membaca, komunikatif)
  • o (diskusi menanamkan karakter disiplin)
  • o (menanamkan karakter jujur, disiplin)

 

3.2.Menganalisispelestarian

lingkungan

hidup dalam

kaitannya

dengan

pembangunan

berkelanjutan

  • o Pelestarian lingkungan hidup
  • o Pembangunan berkelanjutan
  • o Pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
    • o Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu
    • o Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
    • o Secara individu merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan
    • o Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu
    • o Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
      • o Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
      • o Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan.
      • o Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkunagan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.
    Jenis tagihan :TTT:

Mencari di tafsir Al-Qur’an tentang himbauan pelestarian lingkungan hidup

Ulangan harian 3

Bentuk tagihan :

Uraian tidak berstruktur tentang isi tafsir yang berkaitan pelestarian

12x 45 menit

Buku geografi yang relefan
  • o (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
  • o Penanaman karakter religius, peduli lingkungan dan social
  • o Penanaman rasacinta lingkungan (adiwyata)
  • o (menanamkan karakter jujur, disiplin)

 

   
  • · Secara individusiswa laki-laki dan perempuan membuat kliping ( dilengkapi dengan rangkuman dan tanggapan juga sumber ) tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
  lingkungan.      
Mengetahui,
Kepala Sekolah
 
 
 
 
 

 

 
Guru Mata Pelajaran
 
 
 
 
 

 

 
   

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s