Silabus Geografi SMA Kelas XII

SILABUS

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : XII / IPS

Semester : 1 (satu )

Alokasi Waktu : 76  x 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Mempraktekan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa

1.1 Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan  Pengertian peta.

 Jenis-jenis

 Komponen peta

 Proyeksi peta

 Secara individu siswa laki-laki maupun perempuan mengidentifikasi pengertian peta pada atlas

Siswa laki-laki dan perempuanmengamati jenis peta

 Secaraseimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang komponen-komponen peta dan mendiskripsikan proyeksi peta

 

 

 Mengedentifikasi pengertian peta

 Menganalisis jenis peta

 Menunjukkan komponen-komponen peta

 Menganalisis jenis proyeksi peta

Jenis tagihan :

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Uraian terstruktur mengenai komponen-komponen peta dan mendiskripsikan proyeksi peta

16 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan,diantaranya

Geografi SMA Kelas X, Yusman hestiyanto, yudhistira

Geografi SMA Kelas X, Eni Anjani,PT.Macanan Jaya Cemerlang

LKS simpati

Bahan/alat :

Atlas

Globe

  • (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
1.2 Mempraktekan ketrampilan dasar peta dan pemetaan  Membuat peta lingkungan sekitar / sekolah Seluruh siswa laki-laki dan perempuanmelakukan:

 Persiapan praktek

 Materi yang dipraktekkan

 Pelaksanaan pembuatan peta

 Memperbesar dan memperkecil peta

 Membuat peta (administrasi) Jenis tagihan :

Tugas individu

Tugas kelompok

Bentuk tagihan :

Laporan

12 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan/alat:

Atlas

Globe

Denah

 
1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta.  Menentukan lokasi industri dan pertanian Seluruh siswa laki-laki dan perempuanmelakukan kegiatan

 Membaca referensi

secar individu tentang klasifikasi industri

 Diskusi kelompok tentang penentuan lokasi industri ,peta persebaran industri, penyebab gejala aglomerasi industri

secara individu Mengamati peta persebaran hasil bumi dan laut

 Mengidentifikasi industri berdasarkan kriteria tertentu

 Menganalisis penentuan lokasi industri

 Menganalisis pola persebaran industri

 Menganalisis penyebab gejala aglomerasi industri

 Menganalisis peta persebaran hasil bumi dan laut

Jenis tagihan :

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

8 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan/alat

Atlas

Globe

Denah

 

Standar Kompetensi : 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan system informasi geografi.

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa

2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh  Konsep dasar penginderaan jauh

 Komponen penginderaan jauh

- Obyek

- Tenaga

- Sensor

- Wahana

- Hasil rekaman

 Interpretasi citra

 Manfaat penginderaan jauh

  setiap individu mengidentifikasi tentang konsep dasar penginderaan jauh

Siswa laki-laki dan perempuan melalui strategi pembelajaran index card match (mencari pasangan) masing-masing siswa mencari pasangan dari setiap pertanyaan dan jawaban yang telah dibuattentang komponen dasar penginderaan jauh ,tentang informasi manfaat penginderaan jauh

 

 

 Mendiskripsikan konsep dasar penginderaan jauh

 Membedakan sumber tenaga penginderaan jauh

 Menafsirkan obyek-obyek yang ada pada citra penginderaan jauh

 Memahamami manfaat penginderaan jauh

Jenis tagihan :

Tugas individu

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

12 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan,diantaranya

Geografi SMA Kelas X, Yusman hestiyanto, yudhistira

Geografi SMA Kelas X, Eni Anjani,PT.Macanan Jaya Cemerlang

LKS simpati

Bahan/alat :

Atlas

Globe

Kumpulan lembar soal dan jawaban untuk metode Make and Match

  • (menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif serta tanggung jawab)
\2.2 Menjelaskan pemanfaatan syistem informasi gegrafi ( SIG )  Konsep dasar SIG dan komponen SIG

 Data spasial dan atribut

 Tahapan kerja SIG

 Manfaat SIG

 Secara individu laki-laki dan perempuanmengungkapkan konsep dasar SIG

secara individu mengidentifikasi komponen-komponen SIG

Siswa laki-laki dan perempuan mengidentifikasi data spasial dan data atribut dan beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi

 Merumuskan konsep dasar SIG

 Mengidentifikasi komponen-komponen SIG

 Mengidentifikasi data spasial dan data atribut

 Menjelaskan secara sistematis tahap kerja SIG

 Mengidentifikasi pemanfaatan SIG dalam kajian geografi

 

8 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan,diantaranya

Geografi SMA Kelas X, Yusman hestiyanto, yudhistira

Geografi SMA Kelas X, Eni Anjani,PT.Macanan Jaya Cemerlang

LKS simpati

Bahan/alat :

Atlas

Globe

Kumpulan lembar soal dan jawaban untuk metode Make and Match

 
Mengetahui,
Kepala Sekolah
 
 
 
 
 

 

 
Guru Mata Pelajaran
 
 
 
 
 

 

 

 

 
   

 

 

 

   

 

SILABUS

 

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : XII / IPS

Semester : 2 (dua)

Alokasi Waktu : 96 x 45 menit

Standar Kompetensi : 3. Menganalisis wilayah dan perwilayahan

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa

3.1 Menganalisis pola persebaran spasial, hubungan serta interaksi spasial antara desa dan kota Pola keruangan desa dan kota
  • Secara individumengidentifikasi tentang pengertian desa dan kota dari beberapa buku yang relevan
  • Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang potentsi desa dan kota,serta untuk membedakan struktur ruang desa dan kota.

 

  • Seluruh siswa mengamati gambar desa dan kota
  • Siswa laki-laki dan perempuanmengamati gambar pola persebaran pemukiman desa
  • Siswa laki-laki dan perempuanmengamati gambar model tata ruang kota
  • Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan untuk menganalisa persebaran pemukiman desa dan tata ruang kota dan interaksi wilayah desa dan kota
  • Mendiskripsikan pengertian desa dan kota
  • Mendiskripsikan ciri-ciri desa dan kota
  • Mengidentifikasi potensi desa dan kota kaitannya dengan perkembangan desa dan kota
  • Membedakan struktur ruang desa dan kota
  • Menganalisis pola persebaran pemukiman desa dan model-model teori pola tata ruang kota
  • Menafsirkan interaksi wilayah desa dan kota
  Jenis tagihan :

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

8 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan,diantaranya

Geografi SMA Kelas X, Yusman hestiyanto, yudhistira

Geografi SMA Kelas X, Eni Anjani,PT.Macanan Jaya Cemerlang

LKS simpati

Bahan/alat :

Gambar persebaran pemukiman desa

Gambar model teori kota.

  • o (menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif serta tanggung jawab)

 

3.2 Menganalisa kaitan antara konsep wilayah dan perwilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah Konsep wilayah dan pusat pertumbuhan
  • Seluruh siswa laki-laki dan perempuanmelaksanakan kegiatan
  • Membaca referensi
  • Diskusi kelompok tentang konsep wilayah
  • Diskusi kelompok untuk membedakan wilayah formal dan fungsional
  • Menghitung kekuatan informasi antar wilayah dari data yang ada
  • Diskusi kelompok tentang pusat pertumbuhan
  • Mengamati pusat pertumbuhan di indonesia
  • Mendiskripsikan pengertian wilayah Membedakan wilayah formal dan fungsional
  • Menghitung kekuatan interaksi antar wilayah
  • Mendiskripasikan pengertian pusat pertumbuhan
  • Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di indonesia melalui peta
  Jenis tagihan :

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

8 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan peta indonesia

 
3.3 Menganalisis wilayah dan perwilayahan Negara maju dan berkembang Pola wilayah Negara maju dan Negara berkembang Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melaksanakan kegiatan

  • Membaca referensi
  • Secara indifidu mengidentifikasi ciri-ciri Negara maju dan berkembang
  • Mengamati peta dunia
  • Diskusi kelompok untuk mencari contoh Negara maju dan berkembang, membandingkan model pembangunan wilayah di Negara maju dan berkembangSerta menjelaskan usaha-usaha pengembangan wilayah di indonesia
  • Mengidentifikasi ciri-ciri Negara maju dan berkembang
  • Memberi contoh beberapa Negara maju dan berkembang serta alsannya
  • Membandingkan model pengembangan wilayah di Negara maju dan berkembang
  • Menjelaskan usaha-usaha pengembangan wilayah di indonesia
  Jenis tagihan :

Diskusi

Bentuk tagihan:

Uraian terstruktur mengenai contoh Negara maju dan berkembang, membandingkan model pembangunan wilayah di Negara maju dan berkembang

Serta menjelaskan usaha-usaha pengembangan wilayah di indonesia

8 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku-buku geografi yang relevan
  • o (diskusi, menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif serta tanggung jawab)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
 
 
 
 
 

 

 
Guru Mata Pelajaran
 
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s